Keefektifan Inquiry Based Learning dalam Meningkatkan Self Directed Learning

Main Article Content

Sri Panca Setyawati

Abstract

Mandiri merupakan salah satu tujuan pendidikan di Indonesia, oleh karena itu kemandirian harus terus dikembangkan, khususnya dalam lembaga pendidikan formal tidak terkecuali di perguruan tinggi. Para pendidik belum dapat melaksanakan tugas pembelajarannya secara optimal dan profesional untuk memandirikan mahasiswa. Kondisi tersebut ditunjukkan dengan masih digunakannya metode pembelajaran yang dicirikan dengan konsep one way information, sehingga mengakibatkan mahasiswa hanya pasif. Oleh karena itu perlu adanya pembelajaran yang bisa memandirikan mahasiswa, terutama dalam belajar, salah satunya adalah dengan menerapkan model Inquiry Based Learning (IBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran IBL untuk meningkatkan Self Directed Learning (SDL) mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran IBL efektif untuk meningkatkan SDL mahasiswa.


 


Being independent is one of education goals in Indonesia, therefore independence must always be developed, especially in formal educational institutions including in college. Educators have not been able to carry out their tasks optimally and professionally to teach the students independence. This is indicated by the use of learning methods that are characterized by one-way information concept, resulting in only passive students. Hence, there is a need for learning that can make students independent, particularly in learning, one of which is Inquiry Based Learning (IBL) model. This study aims to determine the effectiveness of IBL model to improve students’ Self-Directed Learning (SDL). The research method used is quasi-experimental with pretest-posttest design. The results showed that the IBL model was effective to improve students’ SDL.

Article Details

Section
Articles