Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dan Peningkatan Profesionalisme Guru

Main Article Content

Dewi Kusuma Wardani
Mintasih Indriayu

Abstract

Kepala sekolah mempunyai sejumlah peran yang harus dimainkan secara bersama, antara lain mencakup educator, manager, administrator, supervisor, motivator, entrepreneur, dan leader. Namun yang lebih penting lagi bahwa seorang kepala sekolah sebaiknya juga berfungsi sebagai pemimpin dalam menjalankan fungsi-fungsi pembelajaran. Termasuk berdiri di barisan terdepan dalam memimpin guru untuk selalu belajar. Karena keberhasilan kepala sekolah dalam memimpin akan berpengaruh pada keberhasilan guru dalam mengajar. Terkait dengan era Masyarakat Ekonomi ASEAN, maka kepemimpinan kepala sekolah yang profesional sebagai kepemimpinan pembelajaran (Instructional Leadership) sangat menunjang  tercapainya pengelolaan sekolah yang efektif dan efisien dalam menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam masyarakat ASEAN.


 


School principals have some roles to play simultaneously, including educator, manager, administrator, supervisor, motivator, entrepreneur, and leader. However, more importantly, a school principal should also serve as a leader in performing the functions of learning. It includes standing at the forefront in leading the teacher to learn continuously. The principal’s success in leading will affect teachers’ success in teaching. Related to the ASEAN Economic Community, a professional school principal who acts as learning leadership (Instructional Leadership) will support the achievement of an effective and efficient school management in generating competitive human resources in the ASEAN community.

Article Details

Section
Articles